Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar

6 Alasan Mengapa Traveler Pemula Wajib Punya Asuransi Perjalanan (Pengalaman Pribadi)


(Sumber Gambar: dok. pribadi, Subotica, 20 Mei 2023)


Asuransi perjalanan awalnya belum menjadi fokus utama, saat saya merencanakan perjalanan internasional pertama saya. Sebagai traveler pemula yang tak berpengalaman, biasanya kita lebih fokus pada rencana perjalanan (itinerary), tempat-tempat yang akan dikunjungi, outfit yang harus digunakan, bahkan ada yang terlalu fokus untuk berfoto-foto dan berkonten ria saja. 

Untungnya, suami saya adalah traveler berpengalaman dan dia adalah orang yang menasihati saya tentang pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Dalam artikel ini, saya akan berbagi pengalaman pribadi saya sebagai traveler pemula dan memberikan enam alasan mengapa asuransi perjalanan adalah suatu hal yang wajib dimiliki traveler, khususnya traveler pemula.

1.    Asuransi Perjalan Memberikan Perlindungan Kesehatan di Luar Negeri

(Sumber Gambar: dok. pribadi, Golubac, 13 Mei 2023)

Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa asuransi kesehatan Indonesia yang tidak berlaku di luar negeri. Ini adalah kesalahan yang seringkali dilupakan oleh traveler pemula. Walaupun saya sempat jatuh sakit saat tiba di negara tujuan, saya bersyukur karena sudah memiliki asuransi perjalanan.

Bayangkan saja, saya yang terbiasa dengan iklim tropis Indonesia, tiba-tiba harus terpapar cuaca dingin dibawah lima derajat saat tiba di Serbia. Di hari pertama, saya langsung jatuh sakit, demam, meriang, hingga sulit beraktivitas. Itinerary (rencana perjalanan) yang sudah lama saya susun pun jadi berantakan.

Asuransi perjalanan memberikan perlindungan kesehatan di luar negeri. Tidak hanya perlindungan biaya perawatan medis dan obat-obatan, bahkan evakuasi medis juga tersedia jika diperlukan. 

Jika waktu itu saya tidak memiliki asuransi perjalanan, tagihan medis saya akan sangat membengkak, karena harus membayar dalam Euro. Tagihan medis tersebut akan sangat berpengaruh terhadap anggaran perjalanan, dan saya bisa saja terpaksa untuk pulang lebih awal jika kekurangan dana.

Dua bulan yang lalu, bibi saya terpaksa masuk IGD di Stockholm, Swedia. Semua biaya ambulan, CT Scan, EKG, dokter, dicover oleh pihak asuransi perjalanan. Prosesnya juga cepat, bibi saya hanya menunjukkan pasport dan asuransinya, dan langsung beres, tanpa harus tandatangan ini itu.

2.    Asuransi Perjalanan Mengganti Biaya yang Keluar jika Terjadi Pembatalan Perjalanan Tak Terduga

(Sumber Gambar: Anya Berkut, Disunting dengan Canva)

Traveler pemula sering kali memiliki rencana perjalanan yang sudah diatur di awal. Selain itu, tiket pesawat, akomodasi, dan jasa tur biasanya sudah dibayar di muka sebelum perjalanan, dengan biaya total yang tidak sedikit. Namun, bagaimana jika sesuatu yang tidak terduga terjadi dan memaksa kita untuk membatalkan perjalanan? 

Teman tur saya pada Mei 2023 silam, terpaksa pulang kembali ke Indonesia karena ayahnya meninggal dunia saat dia masih di luar negeri. Dia dan suaminya terpaksa pulang, padahal sudah membayar ini itu. Tanpa asuransi perjalanan, mereka kehilangan uang yang sudah mereka keluarkan sebelum perjalanan.

Padahal, jika mereka mempunyai asuransi perjalanan, mereka bisa mengajukan klaim dan mendapatkan pengembalian dana untuk semua biaya yang mereka bayarkan sebelumnya. Asuransi perjalanan bisa menjadi penyelamat finansial dalam kondisi darurat semacam ini.

Kehidupan selalu penuh dengan ketidakpastian, dan sesuatu yang tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Kasus teman saya adalah contoh yang nyata mengenai betapa berharganya memiliki asuransi perjalanan saat berpergian ke luar negeri.

3.    Asuransi Perjalanan Memberi Kompensasi atas Kehilangan Bagasi dan Barang Berharga

(Sumber Gambar: BinaBina, Disunting dengan Canva)

Sebagai manusia, kita memang tidak pernah tahu kapan nasib buruk menimpa diri kita. Tertimpa musibah kehilangan harta benda, baik karena lalai maupun karena kecurian, bisa menimpa siapa saja dan di mana saja. Kehilangan harta benda di negara sendiri saja sudah sangat repot, apalagi di luar negeri atau luar kota, 'kan?

Asuransi perjalanan menyediakan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan bagasi serta barang berharga kita. Saat ke Serbia, saya menyaksikan orang Indonesia yang kopernya tertukar di bandara Nikola Tesla, tetapi berkat asuransi perjalanannya, dia dapat mengganti barang-barangnya yang hilang dengan mudah tanpa merasa terlalu terpukul.

Bayangkan saja, bukan hanya barang berharga yang disimpan dalam koper kita, tetapi mencakup dokumen perjalanan yang penting seperti paspor dan visa, bukan? Bayangkan betapa repotnya kehilangan dokumen perjalanan di luar negeri, apalagi kalau kita tidak memiliki asuransi perjalanan.

4.    Asuransi Perjalanan adalah Salah Satu Syarat Wajib untuk Masuk ke Negara-Negara Tertentu

(Sumber Gambar: Dok. Pribadi, Palic, 20 Mei 2023)

Salah satu alasan mengapa banyak orang Indonesia sulit untuk traveling ke Eropa adalah karena persyaratan visa yang sangat rumit. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari negara yang tidak membutuhkan visa.

Salah satu negara di Eropa yang tidak memerlukan visa adalah Belarusia. Namun, Belarusia mengharuskan turis untuk memiliki asuransi perjalanan. Nah, oleh karena itu, buat kamu yang mau jalan-jalan ke Eropa tanpa repot mempersiapkan visa, kamu bisa kunjungi Belarusia hanya berbekal paspor dan asuransi perjalanan.

Selain Belarusia, negara-negara tujuan wisata di Benua Eropa mewajibkan turis untuk memiliki visa Schengen. Nah, salah satu syarat untuk mendapatkan visa tersebut adalah adanya asuransi perjalanan yang dimiliki turis. 

5.    Evakuasi Darurat

(Sumber Gambar: Dok. Pribadi, Golubac, 13 Mei 2023)

Pernah kepikiran gak sih, bagaimana jadinya jika terjadi kerusuhan atau krisis politik di negara tujuan kita saat kita tiba di sana? Pastinya kita harus dievakuasi sesegera mungkin. Proses evakuasi ini bisa sangat mahal dan rumit, yang pastinya akan menjadi beban finansial. 

Namun, dengan asuransi perjalanan, kita akan memiliki akses ke layanan evakuasi darurat yang dapat membantu kita untuk kembali ke negara asal atau ke zona yang lebih aman. Travel pemula wajib mawas diri dengan potensi-potensi darurat seperti ini.

6.    Perlindungan Terhadap Delay atau Pembatalan Penerbangan

(Sumber Gambar: Dok. Pribadi, Dubai, 12 Mei 2023)

Sebagai traveler pemula, saya kaget sekali saat pesawat saya delay di Dubai. Delaynya pun tidak main-main, hampir 7 jam saya menunggu di Dubai. Padahal, transitnya saja sudah 10 jam, ditambah lagi dengan delay selama 7 jam, benar-benar bikin sakit kepala.

Selain itu, delay ini sangat mengganggu rencana perjalanan saya. Untungnya, asuransi perjalanan dapat memberikan kompensasi untuk keterlambatan atau pembatalan penerbangan, termasuk biaya akomodasi tambahan yang mungkin kita butuhkan jika terjebak di bandara.

Berkat asuransi perjalanan, saya dapat mengajukan klaim untuk biaya akomodasi tambahan ini. Cukup menelpon customer service dari pihak asuransi, dan beritahu berapa lama pesawat kita delay, serta alasannya. Waktu itu, pesawat saya delay karena cuaca buruk.

Rekomendasi Asuransi Perjalanan Versi Saya

(Sumber Gambar: Dok. Pribadi)


Untuk mengantisipasi pertanyaan teman-teman soal rekomendasi asuransi perjalanan terbaik, saya pribadi merekomendasikan teman-teman traveler, baik traveler internasional maupun domestik, untuk memilih asuransi perjalanan dari MPM Insurance.

Rekomendasi ini bukan tanpa alasan yah teman-teman. Saya sudah melakukan riset menyeluruh mengenai asuransi perjalanan dari MPM Insurance, dan merangkumnya dalam bagian artikel ini untuk teman-teman traveler saya.

Berikut ini alasan saya merekomendasikan asuransi perjalanan dari MPM Insurance:

1.    Layanan Customer Service 24 Jam yang Mumpuni dan Memiliki Fitur Klaim Online

(Sumber Gambar: Situs Bisnis MPM Insurance)

Semua pemilik asuransi pasti paling jengkel dengan layanan CS yang terbatas dan berbelit-belit, bukan? Nah, untungnya layanan CS dari MPM Insurance ini sangat bisa diandalkan. 

MPM Insurance akan menangani setiap aduan dari customernya sesuai dengan prosedur UU yang ditetapkan. Selain aduan melalui telepon, MPM Insurance juga menyediakan nomor WhatsApp bisnisnya. Jadi, customer mereka tidak perlu khawatir keluar biaya pulsa berlebih untuk melakukan pengaduan.

Bayangkan kamu sedang di luar negeri, kemudian kamu harus melakukan panggilan darutat ke pihak asuransi. Jika mereka tidak menyediakan nomor WhatsApp, pastinya kamu akan sangat terbebani dengan biaya pulsa yang harus kamu keluarkan, bukan? Melakukan chat via WhatsApp pastinya lebih simple dibandingkan e-mail.

Selain itu, MPM Insurance juga memudahkan customer dengan menyediakan layanan klaim secara online. Dengan begini, proses klaim akan jauh lebih mudah dan cepat. Jika perusahaan asuransimu memberikan kemudahan dalam proses klaim, menurut saya itu adalah anugrah tersendiri.

2.    Menyediakan Tanggungan untuk Evakuasi Medis Darurat & Repatriasi (Pemulangan Kembali) yang Tidak Terbatas



Jika perusahaan asuransi menyediakan "Tanggungan untuk Evakuasi Medis Darurat & Repatriasi yang tidak terbatas", artinya dalam situasi darurat medis di luar negeri, asuransi tersebut akan memberikan perlindungan finansial tanpa batasan atas biaya evakuasi medis darurat dan pemulangan kembali (repatriasi).

"Tanpa batasan" dalam konteks ini berarti asuransi perjalanan akan menanggung semua biaya yang terkait dengan evakuasi medis darurat dan repatriasi kita, tidak peduli seberapa tinggi biayanya. 

Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir tentang batasan jumlah uang yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi dalam situasi seperti ini.  MPM Insurance memberikan traveler kepastian bahwa mereka akan mendapatkan perawatan dan evakuasi medis yang diperlukan tanpa harus khawatir tentang masalah finansial yang dibebankan.

3.    Asuransi Perjalanan MPM Insurance Menyediakan Biaya Medis Lanjutan Setelah Traveler Pulang ke Indonesia (Jika Diperlukan)

(Sumber Gambar: dok. pribadi)


Fitur ini adalah bagian dari polis asuransi perjalanan MPM yang berfungsi sebagai perlindungan tambahan setelah traveler kembali ke Indonesia. 

Artinya, jika kita jatuh sakit atau mengalami cedera dan masih memerlukan perawatan medis lanjutan setelah pulang dari perjalanan luar negeri, asuransi ini dapat membantu menanggung biaya perawatan medis lanjutan di Indonesia.

Tuh, kurang menarik apa lagi guys? Kalau ada fitur ini dalam asuransi perjalanan kita, traveling kemana saja jadi aman dan nyaman.

4.    Asuransi Perjalanan MPM Insurance Memiliki Reputasi yang Baik dan Konsisten Mempertahankannya dari Tahun ke Tahun

(Sumber Gambar: mpmgroup.co.id/award, diedit ulang dengan Canva)


Salah satu faktor yang memengaruhi seseorang dalam memilih perusahaan asuransi adalah reputasi perusahaan. Perusahaan penyedia jasa, memang patut memiliki dan mempertahankan reputasi. Lalu, bagaimana saya tahu kalau MPM Insurance memiliki reputasi yang baik? Tentu saja, saya punya buktinya.

Berkat performa yang sangat baik dari tahun ke tahun MPM Insurance mendapatkan dua penghargaan sekaligus di tahun 2021, yaitu Asuransi Terbaik 2021 Kelas Aset Rp1-5 Triliun dari ajang penghargaan Majalah Investor Awards “Best Insurance 2021” dan Perusahaan Asuransi Umum Terbaik Berpremi Rp250-500 miliar melalui ajang penghargaan Infobank Insurance Awards 2021.

Coba pikirkan guys, pada tahun 2021, kasus COVID-19 masih sangat tinggi yang tentunya menghambat perekonomian negara. Namun MPM Insurance mampu berkomitmen untuk terus memberikan performa terbaiknya di tahun krisis ini. Ini lah membuat saya yakin bahwa MPM Insurance menawarkan asuransi perjalanan terbaik.

Tidak hanya itu, pada tahun 2022 MPM Insurance sukses meraih penghargaan Best Insurance Award 2022. Ini adalah sebagian kecil dari bukti nyata bahwa MPM Insurance selalu konsisten memberikan yang terbaik untuk pelanggan dan partner bisnis. Penghargaan sejenis ini sudah mereka terima rutin dari tahun ke tahun (gambar terlampir). 

5.    Harga Premi Asuransi Perjalanan MPM Insurance Mulai dari 28.000 Rupiah Saja (Perjalanan Domestik)

(Sumber Gambar: situs web MPM Group, diedit ulang dengan Canva)


Mengutip dari situs web MPM Group, mulai dari Rp28,000,-  saja, kita sudah bisa mendapatkan proteksi untuk perjalanan domestik yang meliputi biaya medis akibat sakit atau kecelakaan. Surprise..Surprise.. Bayar premi bisa lebih murah dari beli kopi!

Perlindungan terhadap traveler ini mencakup hal-hal ringan seperti pembatalan dan penundaan atau delay pesawat, penggantian bagasi yang hilang atau dicuri, perlindungan untuk keadaan darurat medis, termasuk perawatan medis, evakuasi dan repatriasi, hingga jaminan untuk cidera yang tidak di sengaja dan kematian.

Kamu perlu tahu bahwa nilai premi bergantung pada lama perjalanan, negara atau kota yang dikunjungi, serta besar klaim maksimal jika terjadi sesuatu.

6.    Asuransi Perjalanan MPM Insurance Menanggung Risiko Sendiri atas Mobil Sewaan

(Sumber Gambar: abluecup disunting dengan Canva)

Opsi paling hemat saat berpergian adalah dengan menyewa kendaraan saat di negara atau kota tujuan. Walaupun sudah ada transportasi umum, menyewa kendaraan memberikan keluwesan yang lebih besar dalam mengeksplorasi area wisata, bener gak? Apalagi buat kalian yang berpergian sambil membawa anak dan/ atau orang tua.

Nah, jujur saya trauma dengan yang namanya kecelakaan lalu lintas. Kadang, kita sudah semaksimal mungkin untuk berhati-hati saat berkendara, tetapi tetap ada saja orang-orang yang lalai di jalan raya. Apalagi, kalau berkendara di negara atau kota yang asing, di mana kita belum terlalu familiar dengan seluk-beluk jalanannya.

Untungnya, MPM Insurance menyediakan layanan yang menanggung risiko atas mobil sewaan kita selama di negara atau kota tujuan. Jadi, bagi kalian yang langganan sewa mobil saat jalan-jalan, saya rekomendasikan untuk memilih asuransi perjalanan dari MPM Insurance.

***

Sebagai traveler pemula, mungkin kita merasa euforia dan semangat untuk menjelajahi dunia, tetapi euforia sesaat tersebut tidak boleh membuat kita lupa akan pentingnya memiliki asuransi perjalanan. 

Pengalaman pribadi saya telah mengajarkan saya bahwa asuransi perjalanan adalah penyelamat dalam berbagai situasi yang tidak terduga. Mulai dari perlindungan kesehatan, mengganti kerugian akibat pembatalan perjalanan, melindungi barang berharga, menyediakan evakuasi darurat, hingga membantu mengatasi keterlambatan atau pembatalan penerbangan.

Jadi, sebelum kamu traveling, pertimbangkan dengan serius untuk membeli asuransi perjalanan, sebagai investasi bijak dan akan memberikan kamu ketentraman pikiran yang sangat diperlukan saat  menjelajahi dunia dengan semangat berpetualangan.

Untuk mengenal produk asuransi perjalanan lebih baik, segera kunjungi situs web resmi MPM Insurance www.mpm-insurance.com atau menghubungi call center di 1500-676 dan nomor Whatsapp Business 0811-1588-676.

Baca juga:  Pengalaman Traumatis Ini Jadi Pemicu Saya Membuat Asuransi Perjalanan

Sumber artikel:
https://www.mpmgroup.co.id/en/press-release/mpminsurance-ramaikan-pasar-asuransi-dengan-produk-unggulan-baru-de81b75e
https://www.mpm-insurance.com/produk/asuransi-perjalanan/
https://www.mpm-insurance.com/en/about-us/award-csr/
https://www.mpm-insurance.com/wp-content/uploads/2019/11/POLIS-MITRA-PELINDUNG-PERJALANAN.pdf

Komentar