Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar

Rugi Kalau Tidak Punya Asuransi Mobil di Indonesia, Begini Alasannya


Sumber: Simonkr from Getty. Disunting dengan Canva


Asuransi kendaraan bermotor merupakan salah satu produk asuransi yang sangat penting bagi pemilik kendaraan, apalagi untuk para pemilik kendaraan bermotor di negara berkembang dan padat penduduk seperti Indonesia. 

Aan  Mulia Pawarna, Trainer Director Global Defensive Driving Center (GDDC), pada saat diskusi 75 Tahun Merdeka di Jalan Raya, bahkan mengatakan bahwa berkendara di jalan raya Indonesia adalah tindakan paling berbahaya di muka bumi.

Oleh karena itu, salah satu investasi paling bijak untuk para pemilik kendaraan bermotor di Indonesia, adalah dengan membeli asuransi kendaraan bermotor

Dalam artikel ini, saya akan sharing pengalaman berharga saya terkait alasan mengapa pemilik mobil wajib memiliki asuransi mobil, khususnya di Indonesia. Selain itu, saya juga akan memberikan rekomendasi salah satu perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia.

Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Terus Meningkat di Indonesia

Sumber: Dihimpun dari berbagai sumber. Disunting menggunakan Canva

Dari data yang dihimpun selama periode 2020-2023, tampak angka kecelakaan di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hingga 01 September 2023, kecelakaan yang terjadi di jalan telah mencapai 155 ribu kasus. Dari angka tersebut sebanyak 66.602 kecelakaan berasal dari kalangan pelajar dengan jenis transportasi sepeda motor.

Selain itu, menurut Kementerian Perhubungan, faktor terbesar kecelakaan lalu lintas ialah karena adanya human error dengan persentase 61% kasus. Beberapa contoh kelalaian yang dilakukan oleh pengemudi ialah kurang memperhatikan jarak aman dan batas kecepatan, ceroboh dengan aturan lajur, dan kecenderungan untuk ugal-ugalan.

Nah, jika menurut data di atas kecelakaan terbanyak dialami oleh sepeda motor, maka apakah artinya mobil lebih aman? Eits, justru karena itu lah mobil sangat tidak aman mengaspal di jalan raya Indonesia. Kenapa?

Dengan kondisi pengendara sepeda motor yang sedemikian mengkhawatirkan, justru mobil kita akan semakin riskan untuk digunakan di jalan. Coba saja kendarai mobil Anda di sekitar jalan Satrio Kuningan di jam sibuk, dijamin jantung Anda berdegup kencang, tangan basah, dan dahi mengerut kalau melihat tingkah laku pengendara motor yang selap-selip demi menghindari kemacetan di sana.

Boleh jadi, Anda adalah pengendara mobil paling hati-hati sedunia. Namun, jika yang Anda hadapi sehari-hari adalah pengendara motor Indonesia, maka presentase mobil baret, rusak, hingga mengalami kecelakaan tetap lah besar.

Banyak Kasus Motor yang Menabrak Tetapi Tidak Mampu Ganti Rugi

Sumber: dok. pribadi


Saya punya dua pengalaman menjadi korban kecelakaan yang pelakunya tidak memberikan ganti rugi. Bukan karena tidak mau, tetapi karena mereka tidak mampu. 

Kasus kecelakaan pertama dialami oleh ibu saya. Ibu kandung saya tertabrak oleh truk yang melaju kencang di putaran balik ITC Depok. Saat itu, ibu saya menjadi penumpang ojek online, di mana supirnya tidak melihat kanan kiri dahulu sebelum melakukan putar balik.

Selain itu, supir truknya juga bersalah karena melaju dengan kecepatan tinggi padahal rem-nya kurang berfungsi dengan baik. Akibatnya ibu saya mengalami cedera otak dan harus dijahit di bagian kepala sebelah kiri dan paha kanan bagian luar dekat pinggul. 

Meskipun pihak ojek online bersedia memberikan pertanggungjawaban, tetapi biaya medis lanjutan ibu saya harus saya tanggung sendiri. Bayangkan jika ibu saya menggunakan motor atau mobil pribadi. Selain harus menanggung biaya medis yang tidak murah, saya juga harus menanggung biaya perbaikan kendaraan.

Supir truk yang menabrak ibu saya hanya memberikan uang cash sebesar satu juta rupiah, sementara biaya RS total waktu itu mencapai 44juta. Selain itu, pihak perusahaan ojek online hanya memberikan kompensasi kurang dari 10 juta dengan alasan SOP dan karena polisi setempat menyatakan bahwa kecelakaan adalah salah supir truk. 

Akibatnya, saya harus sibuk mengurus asuransi kecelakaan lalu litas ke pihak kepolisian dengan persyaratan yang memusingkan.

Kasus kecelakaan kedua, terjadi saat saya melakukan perjalanan ke luar pulau dan menggunakan motor sewaan. Ada pelajar SMA yang menerobos lampu merah dan menabrak kami. Akibatnya, motor sewaan kami rusak dan suami saya mengalami patah tulang. 

Bak jatuh tertimpa tangga, karena sang pelajar berasal dari keluarga tak mampu, kami harus menanggung biaya medis dan biaya perbaikan motor sewaan. Sebenarnya hal ini bisa diringankan jika waktu itu saya mempunya asuransi perjalanan domestik. 

Kasus di atas adalah kenyataan di lapangan. Jika mobil Anda ditabrak oleh pengendara yang kebetulan tidak mampu memberikan ganti rugi, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan. Namun, dengan asuransi mobil, kita memiliki perlindungan ekstra untuk mobil kesayangan kita.

Selain itu, asuransi kendaraan bermotor juga dapat memberikan perlindungan bagi pihak ketiga yang mungkin terlibat dalam kecelakaan yang Anda sebabkan. Ini akan membantu Anda menghindari masalah hukum dan tanggung jawab finansial yang berpotensi besar.

Asuransi Mobil Mencegah Anda Terjerat Oknum Derek Liar

Anda tahu jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed atau biasa disingkat jalan tol MBZ? Tol layang MBZ itu membentang sepanjang sekitar 36,84 km dari arah Jakarta ke Cikampek dari mulai KM 10A di Cikunir hingga KM 46 di Karawang.

Bayangkan mobil pribadi Anda mogok di tengah jalan tol layang tersebut. Apalagi jika mogok di waktu-waktu rentan seperti tengah malam.

Jika Anda tidak familiar dengan tarif resmi jasa derek, Anda bisa menjadi sasaran empuk para oknum derek liar. Mereka beroperasi di sekitar jalanan seperti jalan tol layang ini, di mana opsi memanggil jasa derek merupakan opsi satu-satunya yang Anda miliki jika mobil Anda mogok.

Namun, jika Anda memiliki asuransi mobil yang menyediakan layanan derek 24 jam, Anda tak perlu khawatir. Selain akan mendapat layanan gratis, Anda tentu akan terhindar dari jeratan oknum derek liar yang sudah memasang tarif derek tidak masuk akal.

Pilih Penyedia Asuransi Mobil yang Punya Banyak Bengkel Rekanan

Jika perusahaan asuransi mobil memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas, kita akan lebih mudah mendapatkan layanan perbaikan di berbagai lokasi, bahkan jika kita sedang berada di luar kota atau di daerah terpencil. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pemilihan bengkel.

Selain itu, bengkel sekarang rawan penipuan. Apalagi jika kita tak familiar dengan dunia permesinan, bisa-bisa harga service di markup besar-besaran. 

Jika Anda menginginkan mobil tetap awet, lakukan perawatan secara berkala. Pilihlah jasa service terpercaya agar tidak merugikan. Memang, memilih jasa service mobil terpercaya tidaklah mudah. Alangkah baiknya, cobalah searching di Internet untuk melihat review orang yang berkunjung ke bengkel tersebut. Sehingga Anda lebih selektif memilih bengkel terpercaya dan tidak kena tipu dari oknum tak bertanggung jawab.

MPM Insurance memiliki lebih dari 300 bengkel rekanan yang tersebar di Indonesia. Memanfaatkan jaringan bengkel rekanan yang luas dari penyedia asuransi mobil seperti MPM Insurance, dapat meminimalkan risiko penipuan atau service yang buruk. 

Selain memiliki bengkel rekanan yang banyak, saya memilih MPM Insurance sebagai rekomendasi asuransi kendaraan terbaik karena MPM Insurance memiliki reputasi perusahaan yang baik, di mana reputasi tersebut mampu dipertahankan dari tahun ke tahun. Selain itu, MPM Insurance juga menyediakan harga premi yang sepadan dengan pelayanan yang diberikannya.

Komentar