Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar

10 Ide Pekerjaan Sampingan, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Kamu punya banyak waktu luang di luar jam kerja? Ingin punya penghasilan tambahan tetapi bingung mau mulai dari mana?

Gak perlu khawatir, yuk intip ide-ide bisnis sampingan di bawah ini yang dijamin minim modal, dan bisa dilakukan oleh hampir semua orang khususnya gen Z dan milenial yang akrab dengan dunia digital. Simak sampai habis, yah!

1. Menjual Produk Digital

e-book (Sumber: unsplash)

Produk digital adalah jenis produk yang dikirimkan dalam bentuk digital melalui internet atau perangkat elektronik. Produk-produk ini tidak memiliki bentuk fisik, tetapi berupa file atau konten yang dapat diakses, diunduh, atau dikonsumsi secara elektronik.

Contoh produk digital adalah ebook, materikursus daring, template website, template desain grafis, dan lain-lain. Saya pernah membeli ebook melalui ecommerce, selain harganya lebih murah, kita juga turut mengurangi limbah dari produksi kertas.

Menjual produk digital bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan dengan langkah-langkah yang tepat dan pendekatan yang cerdas.

Pastikan kamu menjual produk yang legal dan tidak melanggar hak cipta,yah!

Baca juga: 10 Tips Raih Penghasilan Tambahan Bagi yang Hobi Menulis

2. Mengajar Daring

laman situs web Superprof (sumber: Superprof.com)

Sejak pandemi Covid-19, peluang mengajar daring semakin meluas, dan platform mengajar daring semakin diminati. Contoh platform mengajar daring adalah Superprof, Kelas Kita, Gotraining, Guru.com, dan lain-lain.

Kita hanya perlu mendaftarkan diri sesuai bidang keahlian kita. Nantinya, platform tersebut akan menjembatani murid dengan guru yang memiliki keahlian yang dibutuhkannya. Saya pernah mengajar melalui Superprof, yang menawarkan promo gratis bagi murid pengguna baru.

Promo gratis untuk murid pengguna baru ini sangat membantu dalam beberapa aspek. Pertama, hal ini memotivasi murid-murid baru untuk mencoba belajar melalui platform Superprof, karena mereka dapat mencicipi pengalaman pembelajaran secara daring tanpa harus mengeluarkan biaya awal.

Kedua, ini memberikan peluang bagi pengajar baru untuk membangun reputasi dan mendapatkan ulasan positif dari murid-murid yang telah mereka ajari.

Nah, ini e-mail masuk dari Superprof ketika ada murid yang memilihmu untuk mengajarnya:

(sumber: dok. pribadi)


3. Menjadi Event Hunter

Pengalaman memenangkan lomba menulis (sumber: instagram/ generasienergibersih)

Event hunter adalah orang yang selalu berkontribusi dalam sebuah kompetisi untuk memenangkan hadiahnya. Setiap bulan, banyak lembaga yang menyelenggarakan kompetisi secara daring. Mulai dari kompetisi menulis, desain poster, membuat reels dan video tiktok, dan mash banyak lagi yang hadiahnya tidak main-main.

Biasanya lomba-lomba ini diadakan untuk meningkatkan brand awareness dari sebuah bisnis, atau dalam rangka memperingati momen penting, seperti hari bumi, hari kemerdekaan, hari pahlawan, dan lain-lain.

Tidak hanya berfokus pada hadiah materi, event hunter seringkali mengambil nilai dari proses kreatif dan tantangan intelektual yang diberikan oleh setiap kompetisi. Kamu bisa mendapat info seputar kompetisi daring ini dari sosial media seperti instagram.

4. Menulis di Platform Penulis

Profil IDN Times Tamara (Sumber: https://www.idntimes.com/tamara-puspita-1)

Menulis di platform daring seperti ID Times, akan dibayar per artikel dan per jumlah tayang. Artikelmu pun sudah pasti diindeks oleh Google. Hanya saja, artikelmu perlu melewati proses moderasi oleh editor sebelum ditayangkan.

Uang yang dihasilkan lebih cepat dan jelas, berbeda dengan menulis di blog yang dikembangkan sendiri. Kita harus mengoptimalkan kata kunci untuk SEO (Search Engine Optimization), mengatur tampilan blog, dan lain-lain. Selain itu, blog yang kita kembangkan berbulan-bulan belum tentu langsung diterima AdSense.

Dibutuhkan waktu lama untuk akhirnya menghasilkan uang dari blog. Oleh karena itu, menulis di platform menulis menjadi solusi praktis bagi yang ingin mendapat penghasilan sampingan.

Baca Juga: Pengalaman Hasilkan 1 Juta Rupiah dalam 1 Bulan Menulis Artikel di IDN Times

5. Menyediakan Backlink

Backlink adalah tautan yang mengarahkan pengunjung satu situs web ke situs web lainnya. Backlink memiliki peran penting dalam strategi SEO untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian. Dalam upaya meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian, banyak bisnis dan pemilik situs web yang membutuhkan backlink berkualitas tinggi.

Permintaan untuk layanan pembangunan backlink terus meningkat, menjadikannya peluang yang menjanjikan untuk pekerjaan sampingan. Jadi, optimalkan situs web atau blogmu, supaya kamu bisa menyediakan backlink yang berkualitas dan banyak diminati.

6. Menjadi Penerjemah Daring

Keahlian sebagai freelancer penerjemah dapat menjadi peluang yang menjanjikan, terutama dengan adanya permintaan yang terus berkembang dalam dunia komunikasi lintas bahasa. Apalagi penerjemah Bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya.

Kalau kamu bisa bahasa asing selain Bahasa Inggris, daya saingmu pasti akan lebih tinggi. Dengan begitu, persaingannya tidak begitu ketat. Kamu bisa mencoba mendaftar menjadi penerjemah daring melalui platform freelancer gratis seperti Projects co id, Upwork, Freelancer Indonesia, Sribulancer, Guru, dan lain-lain.

7. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah seseorang yang mempromosikan produk atau layanan orang lain dan mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk atau layanan tersebut melalui tautan atau link yang dibagikan olehnya.

Contohnya, kamu bisa menjadi shopee atau tiktok affiliate. Cukup dengan membuat konten berupa video atau foto dari produk yang ingin kamu promosikan, kemudian cantumkan link yang mengarah ke halaman produk di platform Shopee atau TikTok.

Jika seseorang membeli produk melalui tautan afiliasi yang kamu bagikan, kamu akan memperoleh komisi dari penjualan tersebut. Mudah sekali, bukan?

8. Menjual Barang Bekas atau Preloved Secara

Saat proses transisi memakai hijab, saya mulai menjual baju-baju non hijab bekas pakai milik saya secara daring. Tahun 2015, saya menjual baju-baju tersebut melalui aplikasi bernama Carousell. Saya terkejut betapa mudahnya barang-barang bekas tersebut terjual.

Saat ini, menjual barang bekas jauh lebih mudah lagi. Bisa melalui ecommerce seperti Shopee dan Tokopedia. Pembayarannya pun terintegrasi dan terpercaya. Dengan perkembangan teknologi, menjual barang bekas telah bertransformasi dari sebuah kegiatan lokal menjadi bisnis skala nasional bahkan internasional.

9. Menjadi Reseller

Mungkin kamu sudah bosan dengan rekomendasi untuk menjadi reseller atau dropshipper dalam artikel-artikel rekomendasi pekerjaan sampingan. Namun, coba lihat dari perspektifi ini.

Selain meraup keuntungan dengan minim modal, reseller bisa dijadikan sebagai sarana 'latihan' sebelum menjual produk dengan brand sendiri. Saat kita menjadi seorang reseller, kita jadi lebih memahami bagaimana pasar beroperasi. 

Kita dapat mempelajari tren, preferensi, dan kebutuhan pelanggan. Semua informasi ini akan sangat berharga ketika kita nantinya meluncurkan produk dengan merek sendiri.

Kalau ditekuni dengan konsisten, kegiatan reseller ini bukan hanya menguntungkan dari segi finansial, tetapi juga dari segi ilmu berjualan yang didapatkan. Nanti, kalau modalnya sudah cukup, kita akan lebih mudah untuk memulai usaha sendiri.

10. Menjadi Freelance Copy Editor

Kamu sadar gak sih, semenjak Al dikembangkan dan diterapkan dalam berbagai sektor kehidupan, lowongan freelance editor ini mulai marak bersliweran?

Ketika Al semakin digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, pekerjaan freelance editor malah semakin  penting. Banyak perusahaan atau individu yang mencari editor yang dapat memberikan 'sentuhan manusia' pada teks yang dibuat oleh Al, sehingga pesan yang disampaikan lebih relevan.

Hal ini berlaku tidak hanya dalam konten tertulis, tetapi juga dalam presentasi, iklan, dan berbagai jenis materi lainnya. Kebutuhan akan kecermatan dan pemahaman manusia dalam mengenali nuansa bahasa, alur cerita, serta tujuan komunikatif dari teks sangat penting untuk mengembangkan teknologi AI.

Komentar