Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar

Urutan Menonton 6 Film Horor V/H/S, Horor Found-Footage Terlaris!

Film horor antologi berjudul V/H/S, pertama kali rilis di bioskop internasional pada tahun 2012 dan langsung memantik perbincangan di kalangan moviegoers. V/H/S berisi kumpulan cerita pendek horor yang dibuat dengan format found-footage untuk menambah kesan realisme. Masing-masing cerita pendek tersebut berkaitan satu sama lain.

Nah, karena cukup cepat menggaet penggemar, rumah produksi film V/H/S memutuskan untuk merilis beberapa sekuelnya. Bahkan sutradara asal Indonesia, Timo Tjahjanto, juga turut serta dalam pembuatan beberapa segmen dalam film-film ini lho! Penasaran?

Simak selengkapnya di bawah ini!

1. V/H/S (2012)

(Sumber: IMDb)

Awalnya, sekelompok orang dipekerjakan untuk mengambil sebuah kaset VHS dari sebuah rumah kosong. Saat mereka memutar kaset-kaset VHS tersebut, ternyata setiap kaset berisi beberapa segmen video yang menyeramkan dan sadis. Kemudian fokus cerita beralih ke cerita selanjutnya.

Film horor ini terbagi menjadi beberapa segmen. Setiap segmen memiliki plot dan karakter yang berbeda-beda, mulai dari cerita mistis hingga teror monster.

Salah satu segmen dalam film in mengisahkan tiga orang laki-laki yang merencanakan kejahatan seksual kepada seorang perempuan. Mereka berniat membawa perempuan asing ke sebuah motel, mengajaknya berhubungan seksual, dan diam-diam merekam adegan tersebut layaknya video porno amatir. Mereka tidak tahu bahwa perempuan yang dia ajak ke motel tersebut bukan manusia.

2. V/H/S/2 (2013)

(Sumber: IMDb)

Sama seperti V/H/S yang pertama, film kedua ini juga memuat serangkaian cerita pendek yang saling berkaitan. Kali ini, filmnya berfokus pada dua detektif yang menemukan sejumlah kaset VHS di sebuah rumah terpencil.

Salah satu segmen dalam film ini berjudul Safe Haven dan disutradarai langsung oleh Timo Tjahjanto. Segmen in mengisahkan investigasi terhadap sebuah sekte aliran sesat di sebuah area terpencil Indonesia.

Segmen lainnya mengisahkan seorang laki-laki yang mengalami kecelakaan mobil sehingga mengharuskannya untuk menjalani transplantasi mata baru. Namun, ternyata mata barunya memberikannya kemampuan untuk melihat makhluk halus yang sebelumnya tidak dapat dia lihat.

3. V/H/S Viral (2014)

(Sumber: IMDb)

V/H/S Viral adalah sekuel ketiga dari film antologi horor V/H/S. Film ini berfokus pada seorang pembuat film amatir yang mencoba peruntungan karir dengan merekam tindakan berbahaya di jalanan Los Angeles.

Ketika ia menemukan sebuah portal misterius, kehidupannya mulai berubah dan dipenuhi teror mencekam.

Salah satu segmen dalam film in mengisahkan seorang pembalap sepeda yang sedang berkompetisi pada turnamen yang diselenggarakan di sebuah kota kecil di Meksiko. Saat ia mencoba merekam balapan tersebut dengan kamera GoPro-nya, hal-hal supernatural turut terekam, dan hal-hal misterius mulai bermunculan dalam hidupnya.

4. SiREN (2016)

(Sumber: Gruesome Magazine)

Nah, pada segmen cerita berjudul Amateur Night dalam film V/H/S yang pertama, terdapat cerita tentang Lily (Hannah Fierman). Lily adalah perempuan asing yang sengaja diajak berhubungan seksual di sebuah motel untuk diam-diam direkam.

SiREN mengisahkan karakter Lily dengan lebih lengkap. Lily bekerja di sebuah strip club sebagai perempuan penghibur. Suatu hari, Jonah (Chase Williamson) dan temannya datang ke klub tersebut untuk mengadakan pesta bujang.

Jonah terpikat dengan Lily setelah dia mendengar Lily bernyanyi. Akan kah Jonah menjadi korban Lily seperti dalam kasus V/H/S pertama? Atau apakah situasinya akan berbeda?

5. V/H/S 94 (2021)

(sumber: IMDb)

Timo Tjahjanto menyutradarai salah satu segmen dalam film ini. Segmen tersebut berjudul The Subject. The Subject mengisahkan eksperimen mengerikan yang dilakukan seorang ilmuwan gila asal Indonesia.

Ilmuwan tersebut ingin menciptakan makhluk hybrid, yaitu makhluk setengah manusia dan setengah hewan. Dia juga turut menciptakan manusia cyborg, di mana lengannya dipotong dan digantikan dengan pedang. 

Film ini dimulai dengan adegan sekelompok polisi SWAT yang menggeledah sebuah bangunan tua. Bangunan tersebut digunakan ole sekelompok orang untuk melakukan aktivitas ilegal. Di dalamnya, polisi menemukan beberapa kaset VHS yang berisikan adegan mengerikan.

6. V/H/S 99 (2022)

(Sumber: IMDb)

V/H/S/99 menyajikan lima kisah horor berdarah dalam format found-footage. Dalam segmen cerita Shredding, sebuah band punk rock memasuki sebuah reruntuhan di mana band-band sebelumnya menemui nasib buruk dalam sebuah kecelakaan aneh.

Dalam segmen Suicide Bid, seorang mahasiswi yang sedang menjalankan ospek terpaksa jkut serta dalam sebuah ritual paranormal. Selanjutnya, dalam Ozzy's Dungeon, seorang pembawa acara TV dipaksa untuk melakukan permainan tantangan brutal yang terinspirasi oleh acaranya sendiri, hingga menyebabkan cacat permanen pada mantan kontestannya.

Kemudian segmen The Gawkers mengisahkan seorang remaja yang senang mengintipi perempuan. Remaja tersebut tidak sengaja mengungkap rahasia kelam dari perempuan yang sering dia amati diam-diam tersebut.

Terakhir, dalam To Hell And Back, dua orang yang sedang merekam sebuah ritual tidak sengaja terjebak dalam sebuah dimensi lain dan menyaksikan orang-orang mati yang disiksa oleh iblis neraka.


Mulai dari praktik ilmu sihir, pembunuhan berantai, makhluk mengerikan, hingga sook supranatural semua terkemas dalam serangkaian film V/H/S.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa film ini memuat hampir seluruh sub-genre film horor. Cocok nih untuk referensi movie marathon bagi para pecinta horor!

FYI, Oktober ini, V/H/S kembali merilis filmnya. Kali ini, mereka merilis prekuel, yang mengisahkan serangkaian cerita pendek horor pada tahun 1985.

Komentar