Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar

Seri iPhone yang Paling Worth It untuk Dibeli di Tahun 2023

Seri iPhone yang Paling Worth It 2023 - Fun Fact: sebenarnya pada tahun 2022, harga seri iPhone 11 turun ke 7.2 juta-an. Namun, karena seri iPhone 14 kurang laku jadi naik lagi ke hampir 8 juta-an yang 64gb di iBox.

Terlepas dari ketidaklakuan iPhone 14 di pasaran, saya merekomendasikan seri iPhone 11 sebagai seri iPhone paling worth it dibeli di 2023, dengan beberapa alasan:

  • Harganya sudah oke untuk bekas ex-iBox (biar sinyal aman) (Kalau bisa yang 128 Gb sih)

  • Kamera kekinian sudah boba nggak kalah sama seri iPhone14. Kalau secara tampilan, beda di bezel layar, posisi kamera, dan notch. Bezel iPhone itu tebel, gak setipis mid range Android jaman sekarang, karena layarnya masih IPS, kalau IPS memang ada kecenderungan lebih tebal dari Oled, tapi tidak semua hp yang Oled bezelnya tipis

  • Update software masih ada 1–2 tahun kedepan.
  • Salah satu ketakutan memiliki smartphone bekas adalah update software yang telah selesai/ tidak diperhatikan pabrikan karena usianya sudah lebih dari 2 tahun. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Apple, karena Apple bisa memberikan jaminan 4–5 tahun update software. Untuk seri iPhone 11 mungkin akan selesai di IOS 18–19. Jadi, tampilan UI iPhone Anda bisa sama dengan iPhone terbaru.

  • Kamera utama bisa night mode dan ada lensa ultrawide 0,5x

    Salah satu kelebihan iPhone 11 dibandingkan iPhone XR dan XS adalah ketersediaan night mode dan lensa ultrawide, dengan memiliki night mode maka user tidak perlu ragu untuk motret dalam keadaan yang kurang cahaya. Kelebihan selanjutnya dengan lensa ultrawide maka bisa mengambil foto dengan perspektif baru dengan cakupan yang lebih luas lagi. Dengan lensa ultrawide juga maka user bisa mengikuti trend foto selfie dengan kamera 0,5x di tiktok.

  • Kualitas video 4K

    Seri iPhone 11 memiliki kualitas rekaman video hingga 4K 60 FPS pada semua kamera dan didukung dengan kualitas suara dan gambar yang bagus. iPhone 11 adalah starter untuk memulai content creation yang cocok bagi pemula. Video yang dihasilkan stabil pada resolusi tertinggi.

Diantara kelebihan-kelebihan di atas, tentunya terdapat beberapa kekurangan:

  • iPhone 11 Layarnya masih IPS dengan resolusi HD+ (Jika ingin OLED bisa ke 11 Pro dan keatasnya)
  • 4G Only (Jika ingin 5G bisa ambil seri 12)
  • Kameranya hanya 2 (Jika ingin lensa tele ambil yang seri iPhone 11 Pro)
  • Desain dan bahannya kurang premium (Jika ingin yang lebih premium, ambil yang seri iPhone 11 Pro)
  • Tawaran OS iPhone di atasnya lebih menarik (Kalau ini sudah beda kebutuhan sih, nyamannya sama OS yang mana). Tapi jika ingin mencoba seri iPhone 11 bisa dijadikan opsi

FYI, saya juga tidak dapat kepala charger saat membeli  iPhone 11. Kalau membeli iPhone 11 yang baru,  sekarang tidak mendapatkan charger. Jadi, anda harus membeli kepala charger yang 20 Watt agar fast charging

Sebenarnya ketika awal meluncur dapat kepala charger bawaan tetapi hanya 5 Watt, sehingga bisa memakan waktu sekitar 3 jam sampai baterai penuh. Demi kenyamanan anda sebaiknya spend uang lebih untuk membeli charger 20 watt. Dengan begitu, dalam waktu 30 menit saja, hp Anda sudah bisa terisi 50%.

Ya, tapi siapa tahu ketika anda membeli bekas, sang penjual juga memberikan charger 20 watt secara gratis/ bundling. Untung-untungan.

Kalau bisa cari iPhone yang kondisinya bagus, usahakan yang resmi dengan kode berikut: 

Kode region Indonesia yaitu PA/A. ID/A, dan FE/A.

Saran: Sedikit tips nih. kalau mau beli barang elektronik apapun, coba mampir ke TikTok Shop. Belum lama ini teman saya membeli ip11 64gb BNIB iBox dapat di harga 6,85. Padahal di iBoxnya sendiri harganya masih 7,25. Momennya beli saat ada live ya, jadi promo subsidi dari tiktoknya nambah, plus gratis ongkir.

Mengapa iPhone 11 lebih laris?

Kebetulan saya punya teman yang pedagang iPhone second, jadi bisa dipastikan informasi ini legit dan valid langsung dari sumbernya:

Sebelum seri iPhone 14 rilis, peminat iphone 11 itu dikit sekali. Kenapa? Karena terkesan nanggung, sedangkan nambah 2jt lagi bisa dapet iPhone 12. Waktu itu, selisih harga seri iPhone X dan iPhone 11 terlalu jauh, jadi orang2 lebih berminat membeli iPhone XR atau XS. 

Nah, temen saya ini mengaku kalau jualannya ga laku dan sulit sekali laku sehingga menyisakan cukup banyak produk yg belum terjual karena belinya ya nyetok dari bandar, artinya ada kontrak restock di mana kalau kita gagal jual, stok yg lama ya auto boncos.

Begitu iPhone 14 dan ios 16 rilis, yg tadinya iPhone XR atau XS rame, jadi berkurang drastis peminatnya, karena otomatis Apple akan memotong durasi masa pakainya iPhone tua setelah rilis OS terbaru. Sedangkan peminat iPhone 14 itu masih sedikit sekali kata temenku nih, katanya masih terlalu mahal dan ga worth it untuk dimiliki. Hanya bisa dimiliki kaum anti mendang mending.

Nah efeknya, iPhone 11 lah yg sekarang jadi incaran sampai stoknya kehabisan. Karena dinilai lebih worth it bagi kaum mendang mending. Jadinya harganya melambung tinggi sampe ke 7jt-an dari yg awalnya 5jtan bahkan 4,7jt-an.

Jadi dapat disimpulkan kalo penyebab utamanya adalah faktor pergeseran minat, jumlah ketersediaan barang dan nilai ekonomis barang itu. Dari segi teknis sebenarnya iPhone 11 masih unggul, hanya saja anak zaman sekarang kalau beli HP gak liat-liat spek dulu, main comot aja, asal cek BH dan kamera.

Komentar